PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA BAHASA JEPANG MELALUI PENDEKATAN LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN MATERI AJAR APRESIATIF

Subandi .

Abstract


Keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam PBM menjadi permasalahan dalam
dunia pendidikan yang selalu muncul. Keterlibatan dan keaktifan peserta didik akan terbantu
dengan penerapan pendekatan dan materi ajar yang tepat. Pendekatan Lesson Study yang
didukung oleh materi ajar yang apresiatif ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan
kemampuan khususnya keterampilan berbicara peserta didik. Lesson Study memberikan
kesempatan dan peluang kepada peserta didik untuk terlibat langsung secara aktif yang akan
membentuk atmosfir positif PBM serta meningkatkan motivasi belajar serta mengkonstruksi
pemahaman melalui pengalaman langsung peserta didik. Materi ajar yang apresiatif menjadi
perangsang awal untuk membantu peserta didik agar mampu mengawali mengungkapkan
gagasan dan pikirannya secara lisan. Hasil akhir membuktikan 93% peserta didik dapat
melakukan presentasi, wawancara, dan percakapan dengan memenuhi aspek-aspek yang
tentukan dalam rubrik penilaian.

Kata Kunci: kebebasan terkontrol, berpikir tinggi, pemancingan

Active participation of students in the process of learning and teaching will always
become a problem in educational world. This will be easily carried out by applying
appropriate method and material. Lesson Study approach which is supported by appreciative
learning material will boost the goal to improve students’ active participation and their
competencies in terms of speaking skill. Lesson Study gives chances for students to be actively
participating to create positive atmosphere of learning and teaching, and hence to motivate
the learners to construct their own understanding through learning experience directly.
Appreciative learning material becomes a starting foreplay to help students to initiate and to
state their opinions and minds in spoken language. The result of analysis shows that 93% of
the students can be able to speak fluently on their presentations, interviews, and
conversations with respect to some aspects of assesment rubric.

Keywords: controlled freedom, high thinking order, motivation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Online Fakultas Bahasa dan Seni Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213 Telp/Fax : 031-7522876 Website : http://ejournal.fbs.unesa.ac.id/ Email : jurnalparamasastra@fbs.unesa.ac.id