PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN EJAAN DAN TANDA BACA DALAM MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK JIGSAW SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 RENGEL KABUPATEN TUBAN

Heri Kustomo

Abstract


The research problem is the low ability students at class VII-B SMP Negeri 1 Rengel Tuban in using spelling and punctuation to write personal experience. It is seen from the data: 1) errors capitalization 89.65%, 2) misuse of prepositions 86.20%, 3) misapplication dot 75.86%, and 4) error use commas 41.37% . Researchers chose Jigsaw technique to overcome the problems. This selection was based on the advantages of Jigsaw technique is to learn together, the problems faced by students can be resolved. Results of the study: There was an increase in the ability to use correct spelling and punctuation in writing personal experience of students of class VII-B SMP Negeri 1 Rengel Tuban, namely: 1) errors capitalization decreased by 41.38% from 82.75% to 41, 37%, 2) misuse of prepositions decreased by 13.80% from 79.31% to 65.51%, and 3) the use of punctuation errors decreased by 75.86% from 82.75% to 6.89 %.

Keywords: Using spelling and punctuation, write personal experience, Jigsaw technique.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Rengel Kabupaten Tuban dalam menggunakan ejaan dan tanda baca untuk menuliskan pengalaman pribadi. Hal tersebut dilihat dari data: 1) kesalahan penggunaan huruf kapital 89,65%, 2) kesalahan penggunaan kata depan 86,20%, 3) kesalahan penggunaan tanda titik 75,86%, dan 4) kesalahan penggunaan tanda koma 41,37%. Peneliti memilih teknik Jigsaw untuk mengatasi permasalahan. Pemilihan ini didasarkan pada keunggulan-keunggulan teknik Jigsaw yaitu dengan belajar bersama, permasalahan yang dihadapi siswa dapat teratasi. Hasil dari penelitian: Terjadi peningkatan kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Rengel Kabupaten Tuban yaitu: 1) kesalahan penggunaan huruf kapital menurun sebesar 41,38% yaitu dari 82,75 % menjadi 41,37%, 2) kesalahan penggunaan kata depan menurun sebesar 13,80% yaitu dari 79,31% menjadi 65,51%, dan 3) kesalahan penggunaan tanda baca menurun sebesar 75,86% yaitu dari 82,75% menjadi 6,89%.

Kata Kunci: ejaan dan tanda baca, menulis pengalaman pribadi, teknik Jigsaw.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Online Fakultas Bahasa dan Seni Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213 Telp/Fax : 031-7522876 Website : http://ejournal.fbs.unesa.ac.id/ Email : jurnalparamasastra@fbs.unesa.ac.id