TEACHING LISTENING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING “GUIDED METACOGNITIVE SEQUENCE”

Tuty Mujiatin

Abstract


Penelitian ini menguji apakah penggunaan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan “Tahapan Metakognitif Terbimbing” dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan pelajaran bahasa Inggris yang menitikberatkan pada tiga indikator: menentukan informasi tersurat, menentukan informasi tersirat, dan menentukan gambaran umum. Penelitian ini menerapkan desain penelitian praeksperimen tes awal dan tes akhir dengan grup tunggal. Sejumlah 32 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Ponorogo dipilih sebagai peserta grup. Grup ini memperoleh 5 (lima) sesi pertemuan pelajaran mendengarkan teks recount di kelas dengan menerapkan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan “Tahapan Metakognitif Terbimbing”. Data nilai siswa pada tes awal dan tes akhir dianalisa menggunakan uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05 (p<0.05) untuk menguji peningkatan skor. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes akhir siswa lebih tinggi secara signifikan dibanding nilai awal (72,41dibanding 61,06, p = 0,000, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan pengajaran ini memacu peningkatan pemahaman siswa dalam mendengarkan. Hasil ini menuntut perlunya menggabungkan pengajaran ini ke dalam program pengajaran mendengarkan sehari-hari di kelas untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam mendengarkan Bahasa Inggris.

Kata kunci: tahapan metacognitif terbimbing, informasi tersurat, informasi tersirat, gambaran umum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Online Fakultas Bahasa dan Seni Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213 Telp/Fax : 031-7522876 Website : http://ejournal.fbs.unesa.ac.id/ Email : jurnalparamasastra@fbs.unesa.ac.id